Acara Kumpul Penerjemah di Batam

Sep 13 2019

Waktu Membaca: 2 menit

Awal bulan kemarin, untuk kedua kalinya saya mengikuti acara kumpul penerjemah di Batam yang diadakan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia Komisariat Daerah Kepulauan Riau (HPI Komda Kepri). Kegiatan yang pertama kalau tidak salah awal tahun ini. Waktu itu tentang pelatihan penerjemahan hukum. 

Di acara kali ini, saya mengisi acara sesi berbagi tentang pengalaman menjadi penerjemah in-house di Singapura. Format acara ini cukup santai. Acara diadakan malam hari di Ruang Kreasi Coworking Space, Batam Center. Peserta bisa duduk lesehan di lantai selain di beberapa kursi yang disediakan. 

Mengingat Batam yang secara geografis sangat dekat dengan Singapura, tema ini dirasa cukup relevan untuk penerjemah yang berdomisili di Batam. Acara ini juga diharapkan dapat mengenalkan HPI profesi penerjemah untuk orang-orang di luar komunitas penerjemah yang selama ini sudah mengenal HPI, selain juga membangun koneksi dengan komunitas-komunitas lain di Batam. 

 

Foto suasana peserta acara

Total kurang lebih ada 16 orang yang hadir malam itu. Beberapa sudah merupakan anggota HPI Komda Kepri. Beberapa teman dari anggota. Dan sisanya merupakan penerjemah-penerjemah yang baru pertama kali mendengar tentang HPI. Kebetulan sekali ketua Umum HPI Pusat Pak Hananto Sudharto sedang berada di Batam dan dapat hadir di acara tersebut, disertai oleh Ketua HPI Komda Kepulauan Riau, Bapak Yudo Diharjo Lantanea

 

Acara yang dimulai tepat pukul 19.00 ini berakhir dengan hangat sekitar pukul 21.30. Selepas presentasi, ada banyak sekali pertanyaan beragam yang diajukan oleh peserta baik kepada saya, Pak Yudo selaku ketua Komda, mau pun kepada Pak Han selaku ketua umum HPI yang menjadikan suasana semakin cair. 

Sekadar info saja, bagi penerjemah di Batam yang ingin tahu lebih banyak tentang Himpunan Penerjemah Indonesia, silakan bisa menghubungi sekretariat Komda:

 

 

 

Sekretariat HPI Komda Kepri

Gedung M3G, Jalan Yos Sudarso, Kota Batam 29432 

T: +62778427667 F: +62778456680 

surel: kepri@hpi.or.id

No responses yet

Leave a Reply