Program Sertifikat Pelokalan dari University of Washington

JProfessional and Continuing Education University of Washingtonadi ceritanya saya baru saja mendaftar ke program online baru. Program kali ini dari University of Washington: Certificate in Localization: Customizing Software for the World. Perusahaan tempat saya bekerja sekarang ini memberikan tunjangan pendidikan bagi karyawannya yang jumlahnya cukup besar. Tunjangan ini diberikan per tahun dan hangus apabila tidak dipakai. Jadi sayang kalau tidak saya gunakan.

Saya memilih program ini pertama karena online. Tidak perlu pindah negara atau kota. Saya bisa mengikuti kelas dari rumah. Alasan kedua adalah karena saya memang mencari pendidikan mengenai pelokalan yang lingkupnya lebih luas dari penerjemahan saja. Program sertifikat ini menawarkan tiga kelas yang harus diselesaikan. Menurut saya kesemua kelas ini cukup lengkap melingkupi proses pelokalan secara keseluruhan:

  1. Introduction to Localization
  2. Localization Engineering
  3. Localization Project Management

Untuk menyelesaikan program ini dan mendapatkan sertifikat, saya harus mengikuti ketiga kelas tersebut dalam kurun waktu 9 bulan. Tiap kelas berlangsung kurang lebih selama 3 bulan dengan 4 kali pertemuan selama 3 jam dalam satu bulannya.

Program dibuka setiap bulan September. Pendaftaran bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Saya mendaftar sejak bulan Juli yang lalu. Pendaftaran juga dilakukan secara online. Saya hanya perlu mengisi formulir online yang disediakan. Sebelumnya saya telah menyiapkan beberapa dokumen terlebih dulu:

  • Surat lamaran maksimal 250 kata yang memuat pengalaman kerja yang berhubungan dengan program ini, ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki, serta alasan mendaftar di kelas ini.
  • Sebuah ringkasan riwayat hidup yang memuat riwayat pendidikan dan pengalaman  kerja

Setelah mengisi formulir online dengan data diri dan menyalin kedua dokumen tersebut di atas ke ruang yang disediakan, saya juga harus melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar 50 USD.

 

Pengumuman penerimaan lamaran saya cukup cepat. Hanya dalam beberapa hari saya sudah menerima pemberitahuan bahwa saya bisa mengikuti program ini. Selanjutnya saya diminta untuk membayar biaya kelas yang pertama (Introduction to Localization) sebesar USD999. Saya kemudian menerima identitas siswa University of Washington yang digunakan untuk mengakses modul pendidikan online-nya.

Kelas program ini diadakan setiap hari Selasa pukul 18:00 – 21:00 waktu setempat. Pertemuan yang pertama akan diadakan tanggal 30 September nanti. Saya cukup beruntung karena saya berada di Singapura dan University of Washington ini ada di Seattle. Perbedaan waktunya pas. Sekitar 14 jam. Jadi saya tidak perlu bangun tengah malam atau dini hari untuk mengikuti kelasnya. Kelas akan dimulai pukul 09:00 – 12:00 waktu Singapura.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *